Penulisan Engine dan Scene Graph
Engine dan Scene Graph
Di dalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik
yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Grafik 3D ini
tersimpan didalam komputer untuk keperluan kalkulasi atau rendering gambar 3D.
Pada 3D, engine bukanlah exutable program, artinya engine tidak bisa dijalankan
sebagai program yang berdiri sendiri.
3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang
untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya
disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D
grafis.
Berbeda dengan dukungan grafik 2D yang sudah built in,
dukungan Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API terpisah, yakni
Java3D. Java3D merupakan API 3D berbasis scene graph di platform Java, dimana
scene graph merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki data scene. Di dalam api
Java3D didefinisikan sejumlah kelas dan interface yang menyediakan beragam
operasi grafik 3D.
Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah
scene graph merupakan grafik yang mempresentasikan geometri, material, dan
pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan
mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya.
Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk
menghasilkan objek 3D, yaitu:
1. Menciptakan objek Canvas3D.
2. Menciptakan sebuah scene graph.
3. Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang
menunjuk root dari scene graph.
Ogre 3D
Objected-Oriented Graphics Rendering Engine atau bisa
disingkat dengan OGRE merupakan engine yang object oriented & flexible 3D
rendering pada game engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++ serta
didesain agar mampu men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan
menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE
menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah
dasar interface di dunia objek dan class objek yang lebih tinggi.
OGRE hanya digunakan untuk me-render. Dengan kata lain,
fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matOix classes, memory handling,
dan lain-lain. Ini bukan lah salah satu dari semua solusi dalam istilah game
development/simulasi. OGRE tidak menyediakan audio/physics support.
Walaupun penjelasan diatas bisa dikatakan sebagai
kelemahan dari OGRE itu sendiri, akan tetapi semua itu sebanding dengan
kemampuan grafis yang ada pada game engine tersebut. Kelebihan yang paling
menonjol pada OGRE adalah graphics engine yang bisa memberikan para developer
sebuah kebebasan untuk menggunakan physics apapun, input, audio, & library
lainnya. OGRE memberikan para tim development untuk fokus pada graphics daripada
beberapa sistem-sistem yang ada dalam game development. OGRE dapat mensupport
OIS, SDL, CEGUI libraries. Sekarang ini OGRE adalah publish dibawah dua
lisensi, yaitu LGPL & OUL. Maka sekarang ini para publish tersebut membuka
OGRE sebagai free/open source software.
Fitur-fitur pada OGRE :
1. Desain yang object-oriented dengan menggunakan plugin
untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.
2. Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah
varietas yang luas, octree, BSP, & paging landscape scene manager.
3. Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct 3D.
Bisa me-render konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content
creator. dapat diakses pada platform Linux, Mac OS, dan semua versi Windows.
4. OGRE mendukung program vertex dan fragment selama ditulis
dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler.
5. The landscape scene manager untuk progressive LOD, yang
mana bisa dibuat secara otomatis dan manual.
6. Engine annimasi yang men-support penuh untuk multiple
hardware.
Processing
Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan
pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar,
animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar
pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa
perangkat lunak dan alat produksi profesional. Processing mengintegrasikan
suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke
dalam sistem terpadu.
Unity 3D
Unity 3D adalah sebuah game developing software. Dengan
software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Game developer ini sangat
mudah digunakan, dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat serta mengedit
script untuk menciptakan sebuah game 3D. Selain bisa untuk build game PC, Unity
juga dapat digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3,
Xbox 360, juga Ipad, Iphone, dan Android. Namun masing-masing membutuhkan biaya
lisensinya sendiri. Unity kurang lebih sama dengan Blender game engine, namun
unity lebih ringan dan diintegrasi lebih dalam suasana grafik.
Game Maker
Game Maker adalah software yang bisa membantu anda
menjadi pengembang game komputer tanpa menggunakan coding sedikitpun. Dapat
digunakan untuk membuat 3 dimensi dan Multiplayer. Game Maker dapat menjadikan
hak penuh dari software (game) yang anda buat termasuk dapat menjual game
tersebut, bahkan bisa mendownload musik, efek suara, gambar, script, serta
background.
Komentar
Posting Komentar