Materi Mengenai Website

1. Sejarah website
Penemu situs web adalah Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat di mana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demikian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP  seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).

Pengertian Website
Situs web atau website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

Perkembangan Website
Sejak web ditemukan tahun 1990, Web semakin populer dan menjadi layanan internet dengan pengguna terbanyak. Sebagian pengguna internet bahkan mengira kalau Web adalah satu satunya layanan di internet. Teknologi Web pun terus bergulir dari era web 1.0, web 2.0 dan trend menuju web 3.0. Sayangnya, ciri ciri antara versi web 1.0,sampai 3.0 tidak ada kata sepakat antar para pakar. Namun demikian, bukan berarti kita tidak tahu polanya. Berikut ini adalah pola dari masing masing versi web menurut bebeberapa sumber yang saya baca.
Web 1.0
Web 1.0 dimulai sejak web era 90an. Ciri utama dari era ini adalah informasi yang bersifat statis.
Ciri - ciri dari web 1.0
    ·   Website umumnya bersifat static yang jarang berubah atau samasekali tidak berubah.
    ·   Website umumnya tidak interaktif.
    ·   Umumnya teknologi yang dipakai adalah teknologi tertutup.
    ·   Kebanyakan desain webnya menggunakan Frame.
    ·  Tampilan kombinasi warna dan textnya terlihat norak karena hanya terbatas pada 16 warna dan 6 jenis font.
    ·  Informasi yang ada umumnya berupa berita text dan gambar.
Teknologi web 1.0
   ·   HTML dasar, CSS dasar dan Javascript.
   ·   Flash dan Java applet.
   ·   Browser populer adalah Netscape dan Internet Explorer.
   ·   Koneksi internet masih dial up maximal 56kbps.
Web  2.0
Web 2.0 dimulai sejak era 2005 sampai sekarang, Ciri khas adari era ini adalah user generated content  dan jejaring social.
Ciri dari web 2.0
   ·   Website bersifat dinamis dan interaktif dengan adanya teknologi AJAX.
   · User bukan hanya sebagai konsumen tetapi juga sebagai produsen informasi dalam istilah populer adalah user generated content(contoh youtube atau wikipedia).
   ·   Teknologi yang dipakai umumnya open source.
   ·   Desain web menggunakan CSS layout.
   ·   Informasi terdiri dari text, gambar, audio, video  dan animasi.
   ·   Web sebagai media berkomunikasi dan berkolaborasi.
   ·   Jejaring social mendominasi di era ini.
   ·   Munculnya startup.
   · Munculnya jenis website seperti microbloging, photo dan video sharing, online bookmarking, blog dan jejaring social.
Teknologi  di Web 2.0
·   Ajax dan jQuery serta Javascript library mendominasi.
·   Meningkatnya penggunaan HTML5 dan makin menurunnya pengguna Flash.
·   Mobile Web dan Responsive web design.
·   XML dan JSON untuk pertukaran data.
·   Web API dan Mashup (Mashup adalah istilah menggabungkan beberapa layanan menjadi satu, contoh menampilkan tweet di Google maps).
·   Browser yang popular adalah Chrome,safari dan Firefox.
·   koneksi internet menggunakan broadband (>1MB/s).
·   Android dan iOS mendominasi pengguna mobile web.
Web  3.0
Web 3.0 adalah generasi selanjutnya dari teknologi web.  Ciri dari web 3.0 ada pada akses mobile, Semantic web dan personalifikasi.  Beberapa website yang dianggap merupakan cikal bakal dari web 3.0 adalah Instagram. Instagram disebut sebut sebagai awal dari generasi web 3.0 karena layanan ini hanya tersedia lewat mobile Device.
Ciri ciri Web 3.0
   ·  Integrasi web kedalam produk Rumah tangga seperti TV, Kulkas atau Jendala pintar atau home entertainment contoh produk ini adalah Smart windows dari samsung atau Google Nexus Q .
   ·   Semantic Web, Contoh dari penggunaan dari semantic web adalah Knowledge graph di Google Search.
   ·   Natural language  prosesing. Perintah menggunakan suara. Contohnya adalah Siri, Voice Action Android atau Voice search di Google.
   · Location based service dan personifikasi informasi. Web tidak lagi memberikan informasi, namun solusi. Contoh layanan ini      adalah Layar dan Google Now.
   ·   Komputer (dan web)  yang bisa dipakai , Contoh dari produk ini adalah Google glass.
Teknologi web 3.0
Untuk teknologi yang mendominasi web 3.0 adalah sbb:
   ·   Semantic Web (Contoh knowledge graph).
   ·   Artificial Intelegence (Siri).
   ·   Realtime comunication & colaboration (Google docs, Google Wave).
   ·   Augment Reality (Layar, aplikasi di android).
   ·   Computer generated Information (Contoh Wolfram Alpha).
   ·   HTML5 dan Cloud teknologi.

Arsitektur Website
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs seperti arsitektur itu sendiri. Melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya yaitu pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.
 
Sejak web perencanaan, isi, desain dan manajemen datang dalam lingkup metode desain, seperti yang mereka lakukan arsitektur fisik dan disiplin desain lainnya. Dan sekarang kita menggunakan teknologi web 2.0. Perkembangan yang sangat cepat!
Standar utama untuk penerapan web services:
- SOAP (Simple Object Access Protocol)
suatu bahasa versi bebas dari protokol RPC (Remote Procedure Caoll) yang berguna untuk proses transaksi melalui HTTP standar.
- WSDL (Web Services Description Language)
bahasa yang memungkinkan berbagai dokumen yang dibuat dalam aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.
- UDDI (Universal Description Discovery and Integration)
semacam direktori global untuk mengelola web services.

dan informasi yanag bisa didapatkan dari website adaah berita mengenai dunia dan dll


Kelebihan dan Kekurangan Website.
Kelebihan / Keuntungan :
1. Jangkauan pasar yang sangat luas.
Karena pengguna Internet yang begitu banyak dan semakin hari semakin meningkat, tentu saja peluang bisnis di Internet semakin besar.
2. Bisa diakses oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja.
Internet adalah dunia tanpa batas. Informasi Perusahaan atau Bisnis bisa dilihat oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja.
3. Akses Informasi yang sangat mudah.
Hanya dengan beberapa klik mouse, pengunjung bisa melihat informasi tentang bisnis Anda, produk dan jasa.
4. Update Informasi yang fresh.
Melalui website, Perusahaan  bisa memberikan Informasi terbaru dengan sangat cepat.
5. Publikasi dan periklanan.
6. Link dan Viral Marketing.
Keuntungan lain berbisnis di Internet, ketika suatu perusahaan atau bisnis baik dan mendapat kepercayaan, maka perusahaan tersebut  akan mendapat pengakuan dari klien yang berupa link. Semakin bagus dan diakui bisnis Anda, semakin banyak link yang akan didapatkan.
7. Proteksi Brands.
Di Internet tidak mungkin terdapat 2 nama domain yang sama. Nama Domain yang sudah dimiliki bisa digunakan sebagai Brands Perusahaan atau Bisnis, karena tidak mungkin ada pesaing yang menggunakan nama domain yang sama.
Kekurangan / Kerugian :
1. Kredibilitas.
Karena tidak bertemu langsung dengan klien, susah untuk mendapatkan kepercayaan dari klien.
2. Susah mencapai target pengunjung.
Karena banyaknya persaingan di Internet, maka untuk mendapat peringkat bagus di Google menjadi susah.
3. SPAM.
Salah satu resiko yang harus dihadapi ketika Anda mempublikasikan No. Telp dan Email ke dalam website adalah sms atau email SPAM.
Daftar Pustaka : https://bookboon.com/en/an-insiders-guide-website-sourcing-made-easy-ebook


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

QUANTUM GATES

Pembuatan Game

QUANTUM COMPUTING